18 tahun Penuh Doa Terbaik Buat Nayla

Hi Mom...

Tahun ini di 12 Oktober, Alanis Nayla Ramadhani ulang tahun ke 18. tau-tau sudah gadis  ya bocil ini. Gak bisa cerita banyak karena hati ini lagi sedih tapi gak boleh lama-lama dong harus ikhlas, tahun depan siap siap melepas Nayla untuk kuliah dimanapun .

"Red Velvet cake ultah favorit Nayla.jpeg"
Sejak menikah dan punya anak, gw bertekad anak kita boleh ikut kegiatan apapun yang positif termasuk soal pendidikan. Tapi tetap tergantung kemampuan finansial dan ini sudah jelaskan juga ke Nayla.

"Red Velvet cake ultah favorit Nayla.jpeg"
Makanya ketika dia tahu mau kuliah apa dan dimana, kita happy karena akhirnya si penyuka Snoopy ini tahu apa yang dia mau. Makanya kalau ada waktu dan kesempatan ya kita coba buat lihat langsung lokasi kampusnya sekalian dibacain sholawat.

Waktu itu dia pingin kuliah di Kriminologi UI dan Fakultas Hukum UGM. Makanya pas kita liburan ke Jogja akhir tahun 2022, kita sengaja mampir ke fakultas Hukum UGM.

(Jogja dan Sholawatan di UGM)

"Nayla pakai kaos Pop.jpeg"
Seiring berjalannya waktu ternyata dia tertarik juga dengan  jurusan yang diambil pop, Hubungan Internasional. Hei anakku sayang kamu gak tertarik gitchu dengan jurusan emakmu ini, jurusan Jurnalistik hi...hi... asik juga loh.

Gak tanggung-tanggung dia pingin ambil beasiswa jurusan HI ini di President University yang berada di Cikarang (abang sepupunya ada yang ambil kuliah hukum di sini), sama satu lagi di Ritsumeikan Ajia Taiheiyo Daigaku atau APU di negara Jepang. Wadaaaaaw.

Kebetulan minggu lalu si pecinta sushi ini sudah tes tertulis lewat online di President University dan lulus ranking 3, dapat diskon 70 persen. Sayang kayaknya sementara ini kita lepas dulu (awal tahun dia mau coba lagi). 

Karena kalau sekarang kita bayar dan ternyata dia diterima di APU (Aamiin insya Allah) uang yang sudah bayarkan gak dibalikin. Kecuali kalau diterima di UI, UGM atau ITB. Ya sudah tunggu hasil test APU dan SNPTN saja dulu.

Sedih gak kalau ditinggal Nayla kuliah di LN atau Luar kota?

Pertanyaan macam apa ini ha...ha...ya syeeediiih dong masak enggak, tapi di depan dia gw gak pernah nunjukin. Di depan pop yang sesekali galau baru deh gw bilang kalau gw sediiiih banget, apalagi beberapa hari lalu tengah malam dia keluar kamar.

Gw biasanya dari dalam kamar suka nanya, kenapa Nay? dia bilang mau ke kamar mandi. Mendadak gw tersenguk-senguk di sebelah pop yang sudah tertidur pulas, karena tahun depan gak bakalan atau akan jarang ngalamin momen ini. 
"Nayla suka semua hal berbau Korea dan K-pop.jpeg"
Apalagi kalau dia kuliah di Jepang, tapi rasanya gw akan lebih sedih lagi kalau ternyata rezeki dari Allah dia keterima di kampus impian dia dan gak jadi diambil hanya gara-gara gak ada restu dari kita berdua.

Minimal anak yang hoby balet dan gambar ini sudah punya keberanian untuk melanglang buana jauh dari orang tua.

Sehat ya Nay

Pekerjaan rumah gw saat ini bareng pop selain biaya dan perintilan-perintilan dia kuliah nanti, harus tetap mengupayakan kesehatan organ reproduksi Nayla yang agak terganggu. Datang bulannya gak lancar.

Semua cara sudah kita tempuh, setiap tahun sejak dia mengalami datang bulan pertama dan selanjutnya ada hambatan kita selalu ke dokter kandungan. Hasil USGnya bagus dan sehat, hambatannya sama Nayla harus sedikit menurunkan berat badan biar datang bulannya lancar.

Sudah beberapa bulan ini kita konsultasi dengan dokter gizi, dari dokter selain disarankan untuk berolahraga lebih rutin lagi juga minum tiap hari vitamin kayak vit.D 2000iu, Multivitamin, Fish Oil sama Olive oil.
"Sarapan pagi Nayla.jpeg"
Bayangin tiap pagi minum Olive oil gimana gitu rasanya, kalo campur salad sih masih enak ya. Tapi sudah mulai terlihat hasilnya, datang bulannya sudah mulai sering.

Olahraga 150 jam seminggu

Semua cara sudah kita coba, tapi ya gimana dong sejak pandemi kan kita semua menggendats berat badan naik euy. Saran dokter kandungan buat menurunkan berat badan sudah kita ikuti, Januari 2023 kita daftarkan Nayla nge Gym di Osbond. Kebetulan  waktu itu hanya ini gym yang dekat rumah.
"Nayla dan mas Haris Osbond.jpeg"
Pakai Personal Trainer sendiri selama setengah tahun, hasilnya lumayan sempat turun tapi gw lihat Nayla kurang bertekad deh. Padahal emaknya juga sudah bikinin dia makanan sehat (dari dulu sih ini) ganti berasnya dengan beras porang dan beras basmati yang keduanya punya kandungan gula yang sedikit.

Sepeda statis di rumahpun sudah kita ganti dengan treadmill, karena dokter ahli gizinya bilang untuk menurunkan berat badan lebih bagus jalan kaki sambil lari ringan. Kalau akhir pekan sebisa mungkin berjalan atau lari di luar apartemen minimal 5 km.  

Target minimal 150 jam sejam untuk berolahraga, tapi Nayla susyaaaaaah banget memenuhi target ini. Gak bisa nyalahin Nayla waktu dia di sekolah lebih lama, apalagi sejak kelas 12 selalu pulang sore lanjut les di GO seminggu 2 kali. 

Jadi hanya hari Jumat (sesekali) dan akhir pekan baru bisa olahraga. Makanya kalau dia tiba-tiba pulang sekolah sebelum Ashar, bisalah gw bujuk untuk olga tapi ya lebih banyak pulang setelah pukul 5. Yang penting sehat ya nak.

Mulai jalan sendiri

Nah ini juga yang yang bikin kita agak sedih juga. Saat dia kelas 10 di kala pandemi sedikit melandai dan sekolah sudah offline, Nayla mulai mendapat sahabat-sahabat baru dan mulai ikut kegiatan OSIS lagi. Sejak itu mulai suka jalan sendiri dengan teman-temannya.

Kebiasaan ini makin sering dia lakukan sejak kelas 12, kalau mau ngajak dia jalan entah sekadar nonton film, makan di mal, staycation keluar kota bahkan nonton konser kita harus ngasih tau dia jauh-jauh hari.

Memang dia masih bisa nemenin gw buat nonton konser di luar kota, itu juga karena pop juga sedang tugas di luar kota jadi mau gak mau dia ikut (karena pop juga melarang dia sendiri di rumah karena gw harus pergi 3 hari).
"Nayla nonton Sheila on 7 di Semarang.jpeg"
"Nayla nonton Sheila on 7 di Bandung.jpeg"
Hanya kakak sepupunya yang bernama Laras yang bisa bujuk dia buat pergi bareng. Jadi ketika dia gak mau ikut touring, gak mau ikut karokean lagi padahal dulu dia suka banget, gak mau ikut CFD gw tinggal ngajak Laras dan minta dia buat bujuk Nayla.

Laras, kakak sepupu kesayangnya ini cukup satu kali telfon Nayla, langsung bilang Oke kak๐Ÿ˜๐Ÿ˜.
"Nayla & Laras.jpeg"
POV dari keresahan gw kali ini, kita berdua cuma punya waktu kurang dari satu tahun untuk siap-siap menata hati dan pikiran. Berharap Nayla bisa lebih sehat, jadi suka olahraga karena berat badan mulai turun.

Kalau bisa lebih banyak menghabiskan waktu dengan kita sebelum nanti melanglang buana entah kuliah di luar kota atau di luar negeri.
"Buket Bunga kado dari sahabat Nayla.jpeg"
Seperti ulang tahun ke 18 tahun ini ternyata dia sudah janjian dengan sahabat putih abu-abunya makan siang di salah satu mal. Hiiiks sedih banget kan belum tentu tahun depan bisa ngerayain bareng kita.

Makanya gw sudah bilang ke pop, tolong ingetin di acara ulang tahun pop dan tahun baru dia harus jalan sama kita. Mengingat tahun baru akhir tahun 2023 lalu gak taunya teman-temannya ngide buat menginap di apartemen kita, padahal gw sudah booking hotel yang jadi satu dengan mal asik di Jakarta.

Jadilah kita honeymoon dadakan๐Ÿ˜ Pokoknya kita berharap semua berjalan lancar, sehat-sehat dan semua diberi kelapangan hati kalau ada keinginan kita yang masih belum terwujud.

Makasih buat yang sudah mampir di blog ini, bye....
"Nayla baby dan dewasa.jpeg"

Komentar